Nurhidayah, Nurhidayah (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pinrang. Masters thesis, IAIN Pare pare.
Text
15.0211.035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pinrang melalui penerapan metode inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen, yaitu 62.81 dan meningkat setelah diberikan perlakuan menjadi 75.31 sebagai nilai rata-rata posttest. Jika dibandingkan dengan kelas kontrol di mana nilai rata-rata pretest, yaitu 60.94 dan pada posttest 64.69. Dengan demikian, telah terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Hasil uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, yaitu 3.008 > 0.691 dan nilai signifikan 0.009 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Perilaku Jujur dan Adil
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 03:08 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 03:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8933 |
Actions (login required)
View Item |