Ramadhan, Fadlul (2024) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Pada Bank Muamalat KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2020203861206010.pdf] Text
2020203861206010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kesuksesan penjualan dari sebuah produk tidak lepas dari adanya strategi pemasaran dari bank itu sendiri. Dengan adanya strategi pemasaran yang terencana dan tepat, bank dapat memposisikan dirinya secara kompetitif dan bersaing dengan bank syariah lainnya, menjadikan produk mereka lebih menarik bagi calon nasabah serta memperluas pangsa pasar yang dimiliki. Pokok permasalahan penelitian ini adalah tidak adanya hitam di atas putih antara pihak bank dan kementerian agama terkait pembukaan rekening tabungan haji di bank muamalat saja hal ini yang menjadi titik persaingan antara bank muamalat dan lembaga keuangan syariah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi produk tabungan haji pada Bank Muamalat KCP Parepare, strategi pemasaran produk tabungan haji pada Bank Muamalat KCP Parepare, dan peluang dan tantangan Bank Muamalat KCP Parepare dalam memasarkan produk tabungan haji pada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) serta metode pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data Hasil penelitian menunjukkan salah satu produk tabungan haji yang ada di Bank Muamalat KCP Parepare adalah RTJH dimana diperuntukan yang ingin lansung mendapatkan porsi haji. Adapun strategi pemasaran dari produk tabungan haji tersebut menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7 P product (harga), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), physica evidence (bukti fisik). Selain itu juga menggunakan strategi hubungan pelanggan, metode canvassing, dan event marketing. Adapun peluang Bank Muamalat KCP Parepare dalam memasarkan produk tabungan haji yaitu, minat haji suatu daerah yang tinggi, daftar tunggu haji yang lama, bank syariah pertama di Indonesia, dan pembukaan tabungan haji melalui HP. Adapun tantangan Bank Muamalat KCP Parepare dalam memasarkan produk tabungan haji yaitu, keterbatasan akses dan bank pesaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, dan Tabungan Haji
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:46
Last Modified: 16 Oct 2024 03:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item