Fadli, Muhammad (2024) Penerapan Metode Tamyiz dalam Meningkatkan Penguasaan Dasar-Dasar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Pp Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 191200.026.pdf] Text
191200.026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Tamyiz dalam meningkatkan penguasaan dasar-daar bahasa Arab peserta didik kelas VII di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana penguasaan dasar-dasar bahasa Arab peserta didik kelas VII Mts PP Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap, 2) Bagaimana penguasaan dasar-dasar bahasa Arab peserta didik kelas VII Mts PP Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap setelah menggunakan metode Tamyiz dan metode Ceramah, 3) ) Bagaimana perbedaan penggunaan metode Tamyiz dan metode Ceramah dalam meningkatkan penguasaan dasar-dasar bahasa Arab peserta didik kelas VII Mts PP Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penguasaan dasar-dasar bahasa Arab santri kelas VII MTs Pp Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap sebelum menggunakan metode Tamyiz dan metode Ceramah, 2) Mengetahui penguasaan dasar-dasar bahasa Arab santri kelas VII MTs Pp Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap setelah menggunakan metode Tamyiz dan metode Ceramah, 3) Mengetahui penguasaan dasar-dasar bahasa Arab santri kelas VII MTs Pp Al�Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap setelah menggunakan metode Tamyiz dan metode Ceramah Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari kelas VII G sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen di MTs PP Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap. Tekhnik pengumpulan data yang diambil berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test, hasil dari uji tes tersebut akan diuji deskriptif dan diuji analisis inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan tes awal yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan awal penguasaan dasar-dasar bahasa Arab peserta didik secara keseluruhan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 71. (2) Berdasarkan tes yang dilakukan setelah treatment yang dilakukan oleh peneliti pada kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat 23 peserta didik yang telah mencapai KKM dan 4 peserta didik yang tidak mencapai KKM. (3) Setelah pemberian test yang dilakukan setelah treatment pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa seluruh peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar yaitu sebanyak 31 peserta didik. (4) Hasil uji tabel menunjukkan bahwa nilai Uji-t post-test kelas kontrol dan eksperimen memperoleh nilai sig (2-tailed) pada Equal variances assumed sebesar 0,000 < α 0,05 dan ditunjukkan pula hasil pada equal variances not assumed 0,000 < α 0,05 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Maka dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Tamyiz dapat meningkatkan penguasaan dasar-dasar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs PP�Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Sidrap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Tamyiz, Dasar-dasar Penguasaan Bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:23
Last Modified: 16 Oct 2024 03:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8904

Actions (login required)

View Item View Item