Nasir, Anggi Riani (2023) Sistem Waralaba Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Sudut Lagi Kabupaten Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.2400.104.pdf] Text
18.2400.104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena bisnis pada waralaba pada khususnya masih memunculkan beberapa fakta yang menimbulkan spekulasi bagi para pihak pelaku waralaba tentang kesesuaian usaha waralaba dalam perspektif ekonomi islam. Selama ini pelaku bisnis yang memahami bisnis dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Sehingga perpaduan antara konsep bisnis waralaba dengan konsep dalam Islam, terlebih dari sudut pandang ekonomi bisnis islam dianggap sesuatu yang sangat perlu oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian sistem waralaba pada usaha minuman Sudut Lagi di Kabupaten Pinrang dengan perspektif ekonomi islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data dilakukan secara Observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah UMKM Sudut Lagi di Kabupaten Pinrang. Data penelitian didapatkan melalui proses wawancara secara langsung kepada informan yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu franchisor Sudut Lagi, franchisee Sudut Lagi Kabupaten Pinrang Cabang Pekkabata dan karyawan Sudut Lagi Kabupaten Pinrang serta konsumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem franchisee yang digunakan Sudut Lagi merupakan waralaba dengan jenis format bisnis. Hal tersebut terlihat dari adanya penggunaan logo, merek dagang dan sistem dalam usaha yang dipinjamkan pada pihak franchise. Kesesuain ekonomi islam yang diterapkan Sudut Lagi dalam menjalankan kegiatan usahanya tercermin dari beberapa aspek, yang ditunjukan dengan adanya aspek saling tolong seperti tidak menghalangi pengamen ataupun relawan donasi untuk masuk kedalam café untuk mengambil atau mencari orang-orang yang ingin bersedekah, Dalam hal penerapan prinsip-prinsip ekonomi islam yaitu konsep tauhid, keadilan, kenabian, pemerintahan, keadilan, kebersihan dan kesucian serta hasil penelitian yang dilakukan, Sudut Lagi telah menerapkan keenam prinsip tersebut kedalam usahanya. Dalam usaha waralaba ini semua unsur yang ada sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yang telah diajarkan dalam agama islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Waralaba, UMKM, Ekonomi Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:01
Last Modified: 16 Oct 2024 03:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item