Nasrullah, Muh. Ilham (2023) Strategi Pemasaran Kedai Kopi Dan Makanan Dalam Meningkatkan Penjualan Di Kecamatan Soreang Kota Parepare Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 17.2400.010.pdf] Text
17.2400.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kebiasaan meminum kopi bagi sebagian masyarakat sudah menjadi gaya hidup atau lifestyle yang terus berkembang. Gaya hidup meminum kopi yang dianut oleh masyarakat Indonesia menimbulkan potensi yang positif bagi pertumbuhan permintaan kopi dalam negeri. Seiring perkembangan zaman kedai kopi khususnya di kota Parepare tepatnya di Kecamatan soreang telah berkembang yang dulunya kita mengenal bahwa kedai kopi haruslah memiliki lahan yang luas akan tetapi sekarang sudah sangat banyak perubahan dan sudah terbilang banyak kedai kopi yang telah ada disana. Terkhusus salah satu pemilik kedai kopi atas nama Ibu Mia dimana terdengar berbagai macam keluh kesah yang beliau lontarkan. Pemilik kedai kopi dan makanan Datu Pink ini merasa tersaingi dengan beberapa kedai kopi lainnya yang berada di kecamatan soreang, Sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan usahanya tersebut. Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif kualitatif yakni dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek dalam penyusunan penelitian ini yaitu Kedai Kopi yang ada di Kecematan Soreang Kota Parepare. Hasil penelitian dilapangan menyatakan bahwa Strategi pemasaran di bidang produksi pada para pemilik kedai kopi di Kecematan Soreang Kota Parepare sudah paham akan target pasar serta dapat mengoptimalkan semua peluang yang dapat di manfaatkan baik dari segi lokasi maupun dari penyediaan fasilitas yang diperlukan. Sebagian besar pemilik cafe juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan ataupun pengunjung. Para pemilik Kedai Kopi di Kecamatan Soreang Kota Parepare melakukan pelayanan yang baik sesuai dengan ajaran Islam yaitu dengan memberikan pelayanan menggunakan cara yang seperti tidak menggunakan barang-barang yang dilarang Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kedai Kopi dan Makanan, Ekonomi Islam.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:47
Last Modified: 16 Oct 2024 02:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item