Fajmi, Fahmi (2024) Hubungan Anatara Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTsN Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 18.2700.031.pdf] Text
18.2700.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas (1) Kompetensi profesional guru bahasa Arab di MTsN Kota Parepare; (2) hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN Kota Parepare; (3) Hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru bahasa Arab terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional terhadap hasil belajar bahasa Arab di MTsN Kota Parepare. Hasil belajar merupakan nilai yang diperoleh setelah melakukan proses belajar dalam hal ini yaitu nilai lapor peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 62 dari 161 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Untuk memperoleh data variabel X yaitu kompetensi profesional guru menggunakan angket skala likert. Untuk memperoleh data variabel Y yaitu hasil belajar dengan menggunakan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS untuk menguji hipotesis penelitian. Atau dengan teknik analisis data korelasi yaitu menggunakan rumus korelasi Product Moment untuk mencari hubungan korelasi antara (X) dan (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi profesional guru, termasuk kategori sedang yaitu 77.7%, (2) Hasil belajar bahasa Arab peserta didik berada pada kategori sangat tinggi yaitu 96.3%, (3) terdapat hubungan antara kompetensi profesinal guru terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTsN Kota Parepare. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga rxy sebesar 0,481 yang berada dalam kategori sedang. Kemudian dilakukan uji t, dan diperoleh harga ˃ = 4,249 ˃ 0,254, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu ada hubungan kompetensi profesional guru bahasa Arab dengan hasil belajar peserta didik terdapat korelasi yang signifikan, dengan kata lain bahwa „‟ada hubungan antara kompetensi profesional guru bahasa Arab denga hasil belajar peserta didik MTsN Kota Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesional Guru, Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:20
Last Modified: 16 Oct 2024 02:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8894

Actions (login required)

View Item View Item