M, Nurul Jirana (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair�Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MA DDI Banua Kab. Majene. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2020203886208079.pdf] Text
2020203886208079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran think-pair-share dengan menggunakan pretest dan posttest soal uraian serta agar dapat mengetahui model pembelajaran think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasy Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, pengujian persyaratan analisis data dan analisis inferensial (pengujian hipotesis). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran think�pair-share menunjukkan model pembelajaran ini meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan bersosialisasi, peserta didik menjadi dapat mengartikulasikan pemikiran mereka dengan jelas, serta mendorong peserta didik untuk kolaboratif. (2)Rata-rata hasil soal uraian peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran think-pair-share sebesar 68.789 kemudian setelah menggunakan think-pair-share mendapatlan hasil rata-rata 83.631. (3) Berdasarkan tabel paired samples test diperoleh perbedaan mean= -14,842 yang berarti bahwa terdapat selisih skor peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran think-pair-share. Kemudian juga diperoleh t= -12.846 dengan df=18 dan angka sig. (2-tailed) = 0.000 ≤ α = 0.05 atau H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran think-pair-share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran think-pair-share, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:39
Last Modified: 15 Oct 2024 02:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8883

Actions (login required)

View Item View Item