IKRAM, Muh (2024) Pengembangan Media Pembelajaran IPS Melalui Komik Digital Pada Materi Pembangunan Berkelanjutan dan Kelangkaan Kelas VII MTs Negeri Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1700.055.pdf] Text
19.1700.055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran IPS dapat memanfaatkan sumber ataupun media pembelajaran bahkan mengembangkan media pembelajaran tersendiri yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Ada beberapa jenis media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran, seperti media audio (radio), media proyeksi (film bingkai), media tiga dimensi (3D), media berbasis manusia, media visual, dan media audio-visual. Terkait hal tersebut, peneliti memilih komik digital untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS karena dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan model pengembangan dan mengetahui penggunaan media komik digital pada pembelaj aran IPS di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Parepare. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan R&D (Research & Development) dengan menggunkan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate. Media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran IPS berbasis komik digital pada materi pembangunan berkelanjutan dan kelangkaan. Komik yang telah dibuat kemudian diuji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Model pengembangan yang digunakan yaitu media pembelajaran berbasis komik digital pada mata pelajaran IPS dengan 4 tahap yakni tahap pendefinisian (define) yang terdapat 4 langkah yaitu Analisis awal; Analisis peserta didik; Analisis tugas; Analisis konsep. Tahap kedua yaitu tahap perancangan (Design) yang terdiri dari tiga langkah yaitu Penyusunan Materi Pembelajaran; Pemilihan Media dan Rancangan Awal. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (Develop). 2)Berdasarkan uji validitas yang dilakukan, bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komik digital pada mata pelajaran IPS pada materi pembangunan berkelanjutan dan kelangkaan untuk siswa kelas VII di MTs Negeri Parepare layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan hasil uji validitas dari ahli media di peroleh 88,33 %, hasil uji validitas dari ahli bahasa diperoleh 90%, dan hasil uji validitas dari ahli materi diperoleh 88,89 % dengan kategori validitas sangat valid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, IPS, Komik Digital
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 15 Oct 2024 02:04
Last Modified: 15 Oct 2024 02:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item