RISWAN, RISWAN (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open Ended Pada Materi Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
17.1600.014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open Ended Pada Materi Matriks Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quazi eksperimental yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMAN 9 Pinrang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 3 kelas dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together sebesar 3,74 (terlaksana dengan sangat baik), (2) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas eksperimen yaitu 41,4 berada pada kategori sangat rendah. Rata�rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen yaitu 78,2 berada pada kategori sedang, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (5) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,63 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Pendekatan Open Ended lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan Pendekatan Open Ended efektif digunakan pada siswa Kelas XI SMAN 9 Pinrang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas,Pembelajaran, Number Head Together, Open Ended, Hasil Pembrlajara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8874 |
Actions (login required)
View Item |