Yulianti, Yulianti (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di SDN 81 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 16.1100.085.pdf] Text
16.1100.085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 81 Parepare serta Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 81 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 81 Parepare sudah diterapkan pada siswanya dengan cukup baik. Adapun strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu: pemberian nilai berdasarkan proses dan hasil belajar siswa, mengadakan kompetisi, memberikan pujian, memberikan hukuman, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Adapun dalam proses pembelajaran Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar adalah mengajar dengan menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode ceramah, diskusi dan Tanya jawab, dan tugas agar siswa termotivasi mengikuti pembelajaran dan aktif serta afektif sehingga siswa tidak bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran berlangsung.(2) Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN 81 Parepare yaitu faktor internal yaitu faktor yang ada didalam diri peserta didik tersebut, dan faktor eksternal yaitu faktor yang terdapat dari luar diri siswa, seperti lingkungan. Disisi lain siswa memiliki kondisi yang berbeda-beda yang pada dasarnya yang menyukai mata pelajaran PAI sehingga ia bersemangat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Sedangkan faktor penghambat oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI di SDN 81 Parepare yaitu: kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, pengaruh dari teman sebaya, dan kurangnya jam mata pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi Belajar, Guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 15 Oct 2024 00:36
Last Modified: 15 Oct 2024 00:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8872

Actions (login required)

View Item View Item