Agsaeni, Rizka Widya (2024) Persepsi Masyarakat Terhadap Daya Tarik Wisata Alam Kebun Raya Jompie Sebagai Destinasi Wisata Alam. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.93202.039.pdf] Text
19.93202.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pengembangan wisata dalam mendukung Wisata Syariah. Tujuan penelitian ini yaitu, Mengetahui persepsi masyarakat terhadap Attraction (Atraksi) wisata Kebun Raya Jompie sebagai destinasi wisata alam, Mengetahui persepsi masyarakat terhadap Accessibility (Aksesibilitas) wisata Kebun Raya Jompie sebagai destinasi wisata alam, Mengetahui persepsi masyarakat terhadap Amenities (Fasilitas) dan Ancillary (Tambahan) wisata Kebun Raya Jompie sebagai destinasi wisata alam. Metode Penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta dokumentasi terkait dengan daya tarik Kebun Raya Jompie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi masyarakat terhadap attraction (atraksi) menunjukkan persepsi yang baik mencerminkan pengakuan masyarakat terhadap keberagaman dan daya tarik alam yang ditawarkan oleh destinasi Kebun Raya Jompie berhasil mempertahankan daya tariknya dengan menyajikan berbagai jenis tanaman serta atraksi alam yang menarik. (2) Persepsi masyarakat terhadap accessibility (aksesibilitas) menunjukkan persepsi yang baik dengan letaknya yang strategis dan kemudahan akses transportasi yang tersedia, (3) Persepsi masyarakat terhadap amenities (fasilitas) menunjukkan persepsi yang baik terhadap fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Keberadaan fasilitas ini tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang baik tetapi juga memperlihatkan keseriusan pengelola dalam memberikan layanan yang berkualitas. 4) Persepsi masyarakat terhadap anciliry (tambahan) menunjukkan persepsi yang baik terhadap fasilitas tambahan yang diberikan melalui layanan pemandu wisata yang bertujuan untuk mendeskripsikan wisata jompie secara detail serta memberikan layanan komunikasi edukatif kepada pengunjung untuk mengetahui seluk beluk Kebun Raya Jompie

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Daya Tarik, Kebun Raya Jompie
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:17
Last Modified: 14 Oct 2024 02:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8859

Actions (login required)

View Item View Item