Rasyid, Fitriani (2024) Stimulasi Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2220203886108013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Melihat minat membaca al-Qur’an bagi peserta didik yang semakin mengalami kemunduran, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, penting bagi guru untuk menggunakan berbagai strategi pengajaran yang menarik dan mengaitkan materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis stimulasi strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif. Subjek penelitian yakni peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang. Sampel penelitian sebanyak 62 dari total populasi peserta didik yang diperoleh dengan metode pengumpulan data kuesioner. Tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kuntitatif dengan analisa regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Stimulasi strategi CTL di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang adalah upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam memberikan stimulus kepada peserta didik dengan cara membagi peserta didik dalam kelompok kecil heterogen, memberikan setiap kelompok satu topik bahasan, dan mengembangkan hasil diskusi secara kontekstual dalam bahan ajar yang tersedia. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang diantaranya adalah perasaan senang, perhatian, giat belajar dan kemampuan Bahasa Arab. 3) Stretegi CTL berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membaca al-Qur’an bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Lautang Salo Panca Rijang, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05, maka H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh stretegi CTL terhadap minat membaca al-Qur’an. Hal tersebut disebabkan karena strategi CTL dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi kehidupan sehari-hari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi CTL, Minat Baca Al-Qur’an, Madrasah Ibtidaiyah |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eka Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:37 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:37 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8853 |
Actions (login required)
View Item |