Afifa, Nurul (2024) Implementasi Metode Qawaid wa Tarjamah dan Mauqiul I’rab dalam Pembelajaran Qiraatul Kutub Santri Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga Polman. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2220203888104003.pdf] Text
2220203888104003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Implementasi Metode Qawaid wa Tarjamah dan Mauqiul I’rab dalam Pembelajaran Qiraatul Kutub. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi metode qawaid wa tarjamah dengan mauqiul i’rab dalam pembelajaran qiraatul kutub santri pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga (2) Problem yang dihadapi dalam penerapan metode qawaid wa tarjamah dan mauqiul i’rab dalam pembelajaran qiraatul kutub (3) Hasil analisis implementasi metode qawaid wa tarjamah dengan mauqiul i’rab dalam pembelajaran qiraatul kutub. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah pimpinan pondok, ketua ma’hadiyah putri, tenaga pengajar qiraatul kutub, dan santriwati. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengimplementasian metode qawaid wa tarjamah dengan mauqiul i’rab di pondok pesantren Al-Risalah Batetangnga dilaksanakan mulai dari tahap persiapan kegiatan BIMTEK, tahap pelaksanaan menggunakan kode-kode atau rumus-rumus nahwu, hingga tahap evaluasi. Metode evaluasi yang digunakan adalah tes lisan dan tulisan (2) Problem yang dihadapi dalam penerapan metode qawaid wa tarjamah dan mauqiul i’rab meliputi problem linguistik, seperti kesulitan santri dalam menyusun terjemahan perkata, kurangnya penguasaan bahasa sumber, dan perbedaan bahasa Arab klasik dan modern. Selain itu, terdapat problem non linguistik seperti kurangnya familiaritas santri Sulawesi dengan kode-kode nahwu, ketidak cocokan struktur kalimat kitab kuning dengan bahasa Indonesia, serta struktur dan urutan pengajaran yang sering kali tidak sesuai dengan kurikulum modern (3) Hasil analisis implementasi metode qawaid wa tarjamah dengan mauqiul i’rab menunjukkan dampak positif. Santriwati dapat membaca kitab kuning dan membedakan posisi kalimat baik dari segi tata bahasa, terjemahan, maupun pemahaman konteks gramatikal. Metode qawaid wa tarjamah ini mengintegrasikan teori dan praktik, sehingga membantu santriwati dalam menguasai qiraatul kutub dengan lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Qiraatul kutub, Implementasi Metode qawaid wa tarjamah, Mauqiul i’rab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:49
Last Modified: 09 Oct 2024 06:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8852

Actions (login required)

View Item View Item