Mustakim, Abd (2024) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran SKI dengan Motivasi Belajar Peserta didik MAS DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2120203886108021.pdf] Text
2120203886108021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran SKI dengan Motivasi Belajar Peserta didik MAS DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan media Pembelajaran SKI dengan Motivasi Belajar Peserta didik MAS DDI As-Salman Allakuang Kabupaten Sidrap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research). Penelitian pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Penggunaan media pembelajaran yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 4483, sehingga, penggunaan video pembelajaran adalah 4483 : 5400 = 0,8302 atau 83,02 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa penggunaan media pembelajaran termasuk kategori tinggi. (2) Motivasi belajar pada peserta didik Madrasah Aliyah DDI As-Salman Allakuang (variabel Y) yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 4869, sehingga, motivasi belajar pada peserta didik Madrasah Aliyah DDI As-Salman Allakuang (variabel Y) adalah 4869 : 5400 = 0,9017 atau 90,17 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa pada motivasi belajar pada peserta didik Madrasah Aliyah DDI As-Salman Allakuang (variabel Y) termasuk kategori sangat tinggi. (3) Berdasarkan hasil analisis, koefisien korelasi antara variabel penggunaan media pembelajaran (X) dan variabel motivasi belajar (Y) sebesar 0,617 dalam kategori korelasi yang kuat, sehingga dapat kita simpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran dengan peningkatan motivasi belajar. Berdasarkan nilai signifikansi sig. (2-tailed): dari tabel di atas diketahui nilai sig.(2-tailed) antara penggunaan video pembelajaran (X) dengan Motivasi belajar (Y) adalah sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan signifikan pada penggunaan media pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik Madrasah Aliyah DDI As�Salman Allakuang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Motivasi Belajar.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:18
Last Modified: 09 Oct 2024 06:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item View Item