Dewintara, Eka (2024) Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bertahan dalam Menghadapi Persaingan Wirausahawan Perempuan pada UMKM di Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
2120203860102026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Orientasi kewirausahaan adalah sebuah karakter atau sikap seseorang dalam menjalankan usahanya. Orientasi kewirausahaan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan yang dilakukan oleh wirausahawan perempuan dalam pencapaian keinginan untuk menjalankan suatu usaha. Sedangkan strategi bertahan dalam suatu usaha merupakan kemampuan seseorang dalam mempertahankan usaha yang dimiliki untuk tetap berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan orientasi kewirausahaan dan strategi bertahan, serta perspektif ekonomi islam pada wirausahawan perempuan dalam menghadapi persaingan UMKM di kota Parepare. Dengan metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan fonomenalogy. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau field research. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa wawancara secara langsung kepada wirausahawan perempuan dan data sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel-artikel terkait dengan topik yang dibahas. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas dan uji objektivitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Orientasi kewirausahaan pada wirausahawan perempuan yaitu informan berwirausaha karena hobi, ingin membantu perekonomian keluarga, dan cita-cita ingin memiliki usaha. Perubahan perekonomian wirausahawan perempuan tergantung bagaimana etika perekonomian tersebut. Seperti pada etika Protestan yang didalamnya terdapat asketisme dalam dunia. Karakteristik etika tersebut adalah bekerja keras, jujur, professional, hemat, dan penuh perhitungan. (2) Wirausahawan perempuan di kota Parepare dalam mencapai kesuksesan yaitu dengan terus menjalankan strateginya dalam menjalankan usaha, (3) Perspektif ekonomi islam terhadap wirausahawan perempuan adalah tauhid, pedagang tidak melakukan kecurangan. Keseimbangan, menetapkan harga dengan wajar. Kehendak bebas, memberikan kebebasan kepada pembeli dalam tawar-menawar harga dan memilih sendiri kualitas barang. Dan tanggungjawab, pedagang menjaga kualitas barang dan menerima keluhan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Kewirausahaan, Strategi Bertahan, Prinsip Ekonomi Islam, UMKM |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | junita Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 05:57 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 05:57 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8842 |
Actions (login required)
View Item |