Mardhatillah, Mardhatillah (2024) Challenges Faced by English Teachers in Implementing the Independent Curriculum. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203879102006.pdf] Text
2020203879102006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di MAN 2 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah subjek penelitian ada tiga guru bahasa inggris yang menerapkan kurikulum merdeka di kelas bahasa inggris. Data diperoleh dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan langkah sebagai berikut yaitu: 1) Pengumpulan data, yakni mengumpulkan semua informasi yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, 2) Reduksi data, yakni memilah data yang didapat untuk dirangkum dan disusun secara sistematis, 3) Penyajian data, yakni memaparkan data yang telah diperoleh di lapangan, 4) Penarikan kesimpulan, yakni merangkum hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa inggris di MAN 2 Parepare memiliki beberapa tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, ditinjau dari dua aspek yaitu tantang internal dan tantangan eksternal. Pada tantangan internal guru dihadapkan oleh lima jenis tantangan yakni; 1) tantangan guru terkait Manajemen kelas;2) Tantangan terkait beban kerja guru;3) Tantangan yang berkaitan dengan motivasi dan kepuasan kerja;4) Tantangan terkait sumber daya dan dukungan;5) Tantangan dalam pengembangan profesional guru;6) Tantangan guru terkait adaptasi dengan teknologi. Sedangkan pada tantangan internal guru dihadapkan oleh lima jenis tantangan yakni;1) Tantangan guru terkait kebijakan pendidikan;2)Tantangan terkait kondisi sosial dan ekonomi;4) tantangan guru terkait partisipasi orang tua;5) Tantangan guru terkait lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Independent Curriculum, English teachers, challenges Kurikulum Merdeka, guru bahasa inggris, tantangan
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 09 Oct 2024 05:51
Last Modified: 09 Oct 2024 05:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item