Nurvadillah, Nurvadillah (2024) Penggunaan Al-Qur’an Kisah The Fantastic Adventure dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Rahmatul Asri. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2220203886108022.pdf] Text
2220203886108022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan Al-Qur’an The Fantastic Adventure dalam meningkatkan motivivasi belajar Al-Qur’an santri pondok pesantren Rahmatul Asri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep kisah santri pondok pesantren Rahmatul Asri dan mengkaji pengaruh penggunaan Al-Qur'an Kisah The Fantastic Adventure terhadap motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Rahmatul Asri. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan 34 santri kelas VII putri MTs Rahmatul Asri. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan angket motivasi belajar yang disebarkan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemahaman Konsep Sebelum Menggunakan Al�Qur’an Kisah The Fantastic Adventure Sebelum penggunaan Al-Qur’an Kisah The Fantastic Adventure, pemahaman santri Pondok Pesantren Modern Rahmatul Asri terhadap kisah-kisah dalam Al-Qur'an berada pada tingkat yang cukup rendah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pretest yang menunjukkan pemahaman konsep yang minimal terkait materi pembelajaran kisah dalam Al-Qur’a. (2) Penggunaan Al-Qur’an Kisah The Fantastic Adventure dan Peningkatan Motivasi Belajar. Implementasi Al-Qur’an Kisah The Fantastic Adventure sebagai media pembelajaran berbasis Augmented Reality terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar santri. Penggunaan media pembelajaran interaktif ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, sehingga santri lebih termotivasi untuk belajar dan memahami materi. (3) Perbedaan Signifikan dalam Motivasi Belajar Sebelum dan Sesudah Penggunaan Media. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar santri sebelum dan sesudah penggunaan Al-Qur’an Kisah The Fantastic Adventure. Motivasi Ptimer belajar santri meningkat dari kategori cukup (55,89%) menjadi sangat tinggi (80,51%) setelah perlakuan. Dan motivasi Sekunder dari kategori cukup (53,57%) menjadi sangat tinggi (84.89%). Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa peningkatan ini signifikan, dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang mengindikasikan bahwa perbedaan tersebut tidak terjadi secara kebetulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an Kisah The Fantastic Adventure, Motivasi Belajar, , Media Pembelajaran Interaktif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:27
Last Modified: 08 Oct 2024 01:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8832

Actions (login required)

View Item View Item