Sulaiman, Muh (2024) Penerapan Targhib dan Tarhib dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren NU Al-Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2220203886108019.pdf] Text
2220203886108019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui metode penerapan Targhib dan Tarhib di Pondok Pesantren NU Al-Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap: (2) Mengetahui karakter santri di Pondok Pesantren NU Al-Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap; (3) Mengetahui hasil penerapan metode Targhib dan Tarhib dalam membentuk kerakter kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren NU Al�Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitian di Pondok Pesantren NU Al�Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan desriptif fenomenalogis. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri atas wawancara dengan informan, hasil observasi dilapangan serta dokumen yang berkaitan dengan hasil penelitian, sedangkan sumber data sekunder terdiri atas sumber-sumber tertulis yang relevan dengan hasil penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, uji keabsahan data bareferensi dan tringulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk penerapan metode Targhib yang dilakukan oleh pembina dan pengurus pondok : sertifikat, buku, makanan/takjil gratis, pakaian, dan peralatan keseharian, pemberian point, denda, kerja bakti, rambul digundul, menghafal mufradat, menulis Al-Qur’an, beasiswa, sertifikat/penghargaan, bantuan yang tidak mampu. Bentuk-bentuk penerapan metode Tarhib yang dilakukan oleh pembina dan pengurus pondok: pemberian point, denda, kerja bakti, rambut di gundul, menghafal mufradat, menulis dan menghafal al-qur’an dan hadits, surat pernyataan skorsing, dan dikeluarkan. (2) Karakter santri di Pondok Pesantren NU Al-Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap sehingga mendapatkan Targhib adalah adanya unsur kesadaran bahwa hal tersebut baik motivasi, kesenangan, membentuk kedisiplinan dapat membahagiakan orang tua dan memberi semangat. Faktor Tarhib adalah adanya unsur santri merasa bosan, malas, mengikuti teman dan penasaran, dan Tarhibnya dapat membuat jera santri, malu karena terlihat berbeda dengan orang lain, ditandai dengan akhlak yang tidak baik, menyakiti diri sendiri dan orang tua. (3) Hasil penerapan Targhib dan Tarhib dalam membentuk karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren NU Al-Anshar Bacu-bacue Kabupaten Sidrap cukup efektif karena dengan adanya Targhib dan Tarhib sehingga dapat membentuk, menciptakan dan mengembangkan pola sikap dan perilaku santri utamanya pada kesidiplinan dan dapat mengurangi angka pelanggaran. Implikasi penelitian ini yakni kepada peneliti lainnya yang berkinginan untuk meneliti dalam wilayah kajian yang sama, maka selanjutnya dapat mengembangkan metode Targhib dan Tarhib dalam membentuk karakter kedisiplinan santri/peserta didik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Targhib dan Tarhib, karakter kedisiplinan, pondok pesantren
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:19
Last Modified: 08 Oct 2024 01:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item