Santi, Santi (2017) Penerapan Metode Langsung (al-Thariqah al-Mubasyarah) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIIIB Madrasah Tsanawiyah DDI Cilellang Kab. Barru. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 12.1200.001.pdf] Text
12.1200.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode adalah komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan, mengingat anggapan peserta didik bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit dan membosankan sehingga mengakibatkan kurangnya minat belajar bahasa Arab. Hal inilah yang menjadi tugas pendidik dimana seorang pendidik sebagai pelaksana proses pembelajaran mampu merancang dan mendesain proses pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan serta mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design, dan dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi penerapan metode langsung (al-thariqah al-mubasyarah) dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas VIIIB Madrasa Tsanawiyah DDI Cilellang Kab. Barru menunjukkan bahwa metode langsung (al-thariqah al-mubasyarah) memberikan stimulus berupa daya tangkap dari teks bacaan sederhana sehingga peserta didik mampu mengucapkan teks bacaan yang berbahasa Arab dengan benar Penelitian yang dilaksanakan ini telah mencapai keberhasilan dan peningkatan dimana dapat dilihat hasil observasi aktifitas belajar bahasa Arab peserta didik kelas VIIIB Madrasa Tsanawiyah DDI Cilellang Kab. Barru dan hasil Pre-test dan post-test menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t= tabel dimana t hitung=12,54 sedangkan t-tabel=2,093 karena t hitung lebih besar dari pada t=tabel. Maka hipotesis diterima dan ini berarti proses penerapan metode langsung (al-thariqah al- mubasyarah) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab peserta didik kelas VIIIB Madrasa Tsanawiyah DDI Cilellang Kab. Barru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode langsung (al-thariqah al-mubasyarah), Kemampuan membaca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:31
Last Modified: 07 Oct 2024 08:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item