Sahaliah, Sahaliah (2016) (Pengaruh Gaya Mengajar Pendidik Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Materi Ajar Bahasa Arab peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 12.1200.004.pdf] Text
12.1200.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Pengaruh Gaya Mengajar Pendidik bahasa Arab terhadap proses pembelajaran, dan melihat pula respon peserta didik mengenai gaya mengajar yang dilakukan oleh pendidik di dalam pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah DDI Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang dan untuk mengetahui penguasaan materi ajar peserta didik setelah proses pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar pendidik. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 108 dan yang menjadi sampel 30 peserta didik. Jenis dan desain penelitian adalah asosiatif kuantitatif dengan menggunakan teknik dan instrumen penelitian berupa angket, observasi dan dokumentasi. Sebelum melakukan teknik analisis data, maka terlebih dahulu peneliti melakukan persyaratan analisis data yaitu uji validitas data, uji reabilitas data, dan uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya mengajar pendidik bahasa Arab MTs DDI Lero sangat baik, berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan kepada 30 responden. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data yang menunjukkan �� = 0,815 > ������ 0,361.(2) Penguasaan materi ajar bahasa Arab peserta didik MTs DDI Lero sangat baik, berdasarkan hasil angket yang telah dibagikan kepada 30 responden. Hal ini dibuktikan dari hasil pengolahan data yang menunjukkan �� = 0,875 > ������ 0,361 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan mengenai gaya mengajar pendidik bahasa Arab terhadap penguasaan materi ajar bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang, hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih oleh 30 responden dengan hasil signitifikansi menunjukkan bahwa t hitung = 0.989 sedangkan t tabel= 0, 361

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya mengajar pendidik, penguasaan materi ajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:21
Last Modified: 07 Oct 2024 08:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8822

Actions (login required)

View Item View Item