Darmawati, Darmawati (2018) Efektivitas Teknik Permainan Mencocokkan Gambar dan Kata dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab bagi Peserta Didik Kelas VIII B MTsN Baranti Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
12.1200.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan kunci untuk mempelajari ilmu agama dan ilmu tersebut banyak terdapat dalam buku-buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Maka diperlukan teknik yang harus diterapkan oleh pendidik agar dapat memahami bahasa Arab. Diantaranya menerapkan teknik permainan mencocokkan gambar dan kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana proses penerapan teknik permainan mencocokkan gambar dan kata dalam peningkatan penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII.B MTsN Baranti sebelum perlakuan diberikan, mengetahui penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII.B MTsN Baranti sesudah perlakuan diberikan dan mengetahui peningkatan penguasaan kosakata peserta didik kelas VIII.B MTsN Baranti setelah penerapan teknik permainan mencocokkan gambar dan kata diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan pola satu grup pretest dan posttest design yaitu eksperimmen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi Penelitian ini adalah kelas VIII MTsN Baranti sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII.B yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Rumus Standar deviasi dan Uji T-test. Hasil pengelolaan data dengan uji Standar deviasi dan uji T-test diperoleh nilai thitung >ttabel (17.991 > 2,048). Pada taraf signifikan α 0,05%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik permainan mencocokkan gambar dan kata dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari kosakata bahasa Arab. Selain itu teknik permainan mencocokkan gambar dan kata efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik. Dan berdasarkan test yang telah diberikan kepada peserta didik menunjukkan bahwa teknik permainan mencocokkan gambar dan kata ternyata dapat meningkatkan motivasi, kreativitas dan suasana partisipatif peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Permainan Mencocokkan Gambar dan Kata, Penguasaan Kosakata.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:17
Last Modified: 07 Oct 2024 08:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item