SABRAN, SABRAN (2017) Pengaruh Penguasaan Qawā̒id dalam Membuat Kalimat Bahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA Angkatan 2015 Jurusan Tarbiyah dan Adab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
11.1200.030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penguasaan qawā̒id merupakan salah satu aspek terpenting yang diharapkan dalam mencapai kemahiran dalam berbahasa diantaranya adalah maharatul kitābah (kemampuan dalam menulis bahasa Arab), karena dalam menulis bahasa Arab diperlukan adanya penguasaan struktur kalimat yang benar dalam hal ini penguasaan qawā̒id. Penguasaan qawā̒id adalah memiliki kemampuan dan pemahaman terhadap isi pembahasan materi qawā̒id yang dicakup dalam ilmu nahwu, dan juga mampu mengaplikasikan ilmu tersebut baik dalam bentuk bacaan maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis mengangkat suatu judul untuk melihat Pengaruh Penguasaan Qawā̒id dalam Membuat Kalimat Bahasa Arab Mahasiswa Prodi PBA Angkatan 2015 Jurusan Tarbiyah dan Adab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan qawā̒id dalam membuat kalimat bahasa Arab mahasiswa prodi PBA angkatan 2015 jurusan tarbiyah dan adab STAIN Parepare. Penelitian ini bersifat kuantitatif asosiatif dengan menggunakan teknik analisis data standar deviasi dan uji T-test Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan qawā̒id Mahasiswa Prodi PBA Angkatan 2015 Jurusan Tarbiyah dan Adab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare sangat berpengaruh kuat dan signifikan dalam membuat kalimat bahasa Arab. Hasil penelitian ini dapat diketahui berdasarkan data penelitian menggunakan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus standar deviasi dan Uji T-test. Hasil pengelolaan data dengan mencari nilai Standar deviasi dan uji T-test diperoleh nilai t hitung = 2,67 > ttabel = 2.042. Pada taraf signifikan α 0,05%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Adapun selisih antara t thitung 2,67 dengan t tabel 2,042 adalah (2,67-2.042 = 0,628). dari nilai selisih tersebut dalam tabel interval koefisien terletak pada interval 0,60-0,799 termasuk kategori kuat. Hal ini menunjukkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguasaan Qawā̒id, Membuat Kalimat Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8816 |
Actions (login required)
View Item |