HasnaEmaramjaya, HasnaEmaramjaya (2016) Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X.1 SMA Negeri 5 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 12.1200.008.pdf] Text
12.1200.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Media visual adalah salah satu media yang baik digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, penggunaan visual dalam bahasa asing khususnya bahasa Arab akan menjadi materi- materi pelajaran tersebut mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu pendidik mudah menjelaskan meterinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik kelas X.1 SMA 5 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperinen dan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dimana peneliti mengamati keadaan sekolah serta keadaan peserta didik dan keadaan dalam pembelajaran, pemberian test yang diberikan peneliti kepada peserta didik sebanyak dua kali yaitu; pre- test pemberian test pertama sebelum peneliti memberikan materi pembelajaran yang menggunakan media visual tujuannya untuk mengetahui kemampuan peserta didik sebelum memberikan treatment dan test yang kedua post- test dimana pemberian tets yang kedua ini setelah peneliti memberikan materi mengeni media visual kepada peserta didik, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik apakah meningkat atau tidak dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media visual penggunaan media visual dalam pembelajaran bahasa Arab membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran yang diberikan serta pendidik dengan mudah menjelaskan mareri. berdasarkan hasil perhitungan uji t hitung, maka padat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Thitung = 12.84 sedangkan t tabel =2.750 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Arab perta didik kelas X.1 SMA Negeri 5 Pinrang. Dapat dikatakan 12.84 > 2.750 dengan uji signifikannya α = 5%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media visual, peningkatan hasil belajar, bahasa Arab, Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:23
Last Modified: 07 Oct 2024 07:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item