S, Muh Afdhal (2024) Pengaruh Penguasaan Qawā’id Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Peserta Didik Kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penguasaan Qawā’id dalam bahasa Arab yang merujuk pada aturan-aturan tata bahasa atau gramatika. Penguasaan Qawā’id sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab karena tata bahasa yang baik dan benar merupakan dasar dari komunikasi yang efektif dan pemahaman teks-teks berbahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan penguasaan Qawā’id peserta didik kelas X, untuk menjelaskan kemampuan membaca kitab kuning peserta didik kelas X dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan Qawā’id terhadap kemampuan membaca kitab kuning peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Adapun sample penelitian ini yaitu sebanyak 45 orang menggunakan teknik sampling simple random sampling metode slovin. Instrument penelitian yaitu kuesioner dan test serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan Qawā’id peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman menunjukkan hasil yang sangat baik dengan mayoritas siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap struktur kalimat, penggunaan kosakata yang sesuai dengan tata bahasa Arab serta kemampuan menggunakan bahasa retorika dalam berbagai konteks sehingga pengajaran Qawā’id yang efektif di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman. (2) Kemampuan membaca kitab kuning peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman menunjukkan hasil yang Sangat Baik dengan kemampuan yang tinggi dalam memahami dan membaca teks-teks kitab kuning dengan nilai ratarata yaitu sebesar 74,22 sehingga dapat di kategorikan yaitu Tinggi. (3) Pengaruh penguasaan Qawā’id terhadap kemampuan membaca kitab kuning peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Salafiyah Parappe Kab. Polman menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan Qawā’id dan kemampuan membaca kitab kuning dengan korelasi yang kuat antara kedua variabel menunjukkan bahwa semakin baik penguasaan Qawā’id yang dimiliki oleh peserta didik semakin tinggi kemampuan mereka dalam membaca kitab kuning dibuktikan dari nilai p-value 0,000 < 0,05 dengan tingkat pengaruh sebesar 14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Qawā’id, Membaca Kitab Kuning, Madrasah Aliyah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 05:43
Last Modified: 07 Oct 2024 05:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8804

Actions (login required)

View Item View Item