Amalia, Nurfitra (2023) Analisis Pencarian Referensi Materi Dakwah Melalui Perpustakaan dan Media Digital Terhadap Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
19.3300.016.pdf Download (7MB) |
|
Other (Full Text)
19.3300.036 - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fokus masalah yang terjadi dalam pencarian referensi materi dakwah oleh mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah IAIN Parepare melalui perpustakaan dan media digital. Ketersediaan dan diversitas materi, evaluasi dan validasi sumber, preferensi penggunaan, kemudahan akses dan kendala teknis, serta pengaruh media sosial dan platform digital menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Dengan mengidentifikasi masalah-masalah ini, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana mahasiswa menggunakan referensi materi dakwah dalam pendidikan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Bentuk pencarian referensi materi dakwah melalui perpustkaan dan media digital membuat mahasiswa program studi Manajemen Dakwah dengan mudah mendapatkan sumber materi dakwah. Dengan teori uses and gratification theory yang merumuskan asumsi-asumsi dasar yaitu mahasiswa yang aktif dalam menggunakan perpustakaan dan media digital untuk mencari referensi dakwah, mahasiswa prodi Manajemen Dakwah harus bisa memilih media yang sesuai dengan kebutuhan, kebutuhan dalam mencari refernsi membuat perpustakaan dan media digital harus bersaing dengan sumber-sumber lainnya, mampu dalam menyusun referensi yang telah dikumpulkan dengan mencantumkan sumber-sumber yang jelas agar dapat dicerna dengan baik oleh mahasiswa lainnya. 2) Peluang yang didapat dalam perpustakaan dan media digital adalah mendapatkan pengetahuan dalam mencari materi dakwah dimana dengan mudah, mengjangkau semua kalangan dan tentunya bisa menghemat ruang dan waktu. Sedangkan tantangan yang didapatkan adalah terbatasnya koneksi jaringan yang kurang stabil, banyak infromasi yang kurang akurat, adapun juga kurangnya minat dalam menerima pesan dakwah, serta sulit berinteraksi dengan pengguna media lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Media Digital, Mahasiswa, Manajemen Dakwah |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 05:55 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 05:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8803 |
Actions (login required)
View Item |