Ramadhani, Nurul (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII Mts Nurul Ilmi Barukku Kab. Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penguasaan Mufradat ialah salah satu dasar dalam pembelajaran bahasa Arab, peserta didik dituntut untuk mampu menguasai mufradat dengan baik, masih banyak peserta didik yang tidak mengetahui mufradat yang menjelaskan tentang الْمِهْنَةُ الطِبِّيَّة (profesi medis). Dalam penelitian ini membahas tentang tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab sebelum penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ilmi Barukku Kabupaten Sidenreng Rappang. (2) Bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ilmi Barukku Kabupaten Sidenreng Rappang. (3) Apakah ada peningkatan penguasaan mufradat dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ilmi Barukku Kabupaten Sidenreng Rappang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimen Design (non design) dalam bentuk Pre-test dan Post-test. Adapun sampel penelitian sebanyak 18 peserta didik, peneliti menentukan sendiri sampel yang digunakan yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: setelah dilakukan treatment kepada peserta didik dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe team-assisted individualization (TAI) menghasilkan nilai rata-rata post-test mencapai 83,89. Dimana sebelumnya pada pelaksanaan pre-test hanya mencapai nilai rata-rata 20,83 Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe team-assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ilmi Barukku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Team-Assisted Individualization, Penguasaan Mufradat
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 05:35
Last Modified: 07 Oct 2024 05:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item