Nasir, Muh. Yasril (2024) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab pada Program Studi Non PBA di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab pada program studi non PBA di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Masalah utama yang diangkat pada penelitian ini adalah mengenai proses pembelajaran bahasa Arab pada program studi non PBA di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare serta persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran bahasa Arab dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dalam konteks program studi non PBA di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pembelajaran bahasa Arab pada program studi non PBA di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dengan fokus pada materi dasar berupa kosakata dan struktur kalimat. Pembelajaran bahasa Arab terdiri dari 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran dilaksanakan seminggu sekali selama 2 SKS, dengan menggunakan metode ceramah dan metode hiwar dengan menekankan pada keterlibatan aktif mahasiswa. Materi yang diajarkan adalah materi dasar bahasa Arab namun tidak relevan dengan program studi bersangkutan. Evaluasi dilakukan disetiap pertemuan serta pada pertengahan dan akhir semester. 2). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab pada program studi non pendidikan bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare positif. Mahasiwa menilai pembelajaran bahasa Arab penting dalam memahami agama Islam disamping kebutuhan kurikulum. Mahasiswa merasa nyaman mengikuti pembelajaran karena gaya mengajar dosen yang sesuai dan kegiatan pembelajaran yang interaktif. Tantangan yang dihadapi mahasiwa meliputi kesulitan memahami materi karena kompleksitas materi yang melibatkan tata bahasa yang sulit serta terbatasnya waktu pembelajaran. Mahasiswa mengapresiasi metode pembelajaran dan media yang digunakan. Mahasiswa menyarankan peningkatan alokasi waktu karena alokasi waktu yang tersedia terlalu sedikit untuk memahami materi yang padat dan pendekatan pengajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran Bahasa Arab, dan Non PBA
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:35
Last Modified: 07 Oct 2024 04:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8799

Actions (login required)

View Item View Item