Herwin, Herwin (2024) Perbandingan Hasil Belajar Ilmu Nahwu Mahasiswa Alumni Madrasah Dengan Alumni Non Madrasah Pada Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203888204012 SKRIPSI HERWIN .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana perbandingan hasil belajar ilmu nahwu mahasiswa alumni madrasah dan alumni non madrasah pada Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare; (2) Apa faktor penghambat dan pendukung hasil belajar ilmu nahwu mahasiswa alumni madrasah dengan alumni nonmadrasah pada Prodi PBA Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain penelitian seguental explanatory yang merupakan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Jenis penelitian kuantitatif digunakan penelitian ex-postfacto, dan jenis penelitian kualitatif digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2021 dan 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perbandingan hasil belajar ilmu nahwu diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,597 ≥ 0.05 dan nilai T hitung 0,531 < T tabel 1,984 maka disimpulkan bahwa Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar ilmu nahwu al-mutaqaddim mahasiswa Pendidikan bahasa Arab alumni madrasah dan mahasiswa Pendidikan bahasa Arab alumni non madrasah; (2) Faktor Penghambat hasil belajar ilmu nahwu al-mutaqaddim mahasiswa pendidikan bahasa Arab alumni madrasah yaitu:kurangnya mufradat,kurangnya pemahaman nahwu dan saraf, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya pembiasaan diri, dan lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: kursus, belajar kelompok, menghafal mufradat, latihanberbicara, dan belajar melalui handphone. Faktor pendukung hasil belajar ilmu nahwu al-mutaqaddimmahasiswa pendidikan bahasa Arab alumni non madrasah yaitu:penghafalan mufradat, pembelajaran nahwu, danlingkungan bahasa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya terlaksananya pembelajaran bahasa Arab sehingga berpengaruh terhadap maksimalnya hasil belajar mahasiswa adalah: minat dan motivasi, pendidi/tutor, waktu belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Hasil Belajar Ilmu Nahwu
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:24
Last Modified: 07 Oct 2024 04:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item