Farid, Miftahul (2024) Assessment Practice in EFL Classroom : Purposes, Methods and Scoring. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
2120203879102011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penilaian merupakan komponen penting dalam proses pendidikan yang memungkinkan pendidik untuk mengevaluasi pemahaman, kemajuan, dan pencapaian siswa. Penilaian mencakup berbagai metode, termasuk penilaian formatif yang terjadi selama proses pembelajaran dan memberikan umpan balik untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran, serta penilaian sumatif yang mengukur penguasaan siswa terhadap materi pada akhir periode instruksional tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan guru, menyelidiki metode yang digunakan guru, dan menjelaskan cara guru memberikan penilaian dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di kelas. Penelitian ini menggunakan desain studi deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui analisis checklist dan analisis observasional menggunakan google form sebagai media untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di wilayah Pinrang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru menggunakan praktik penilaian multifaset untuk tujuan yang saling terkait - memantau kemajuan siswa, memberikan feedback, memotivasi pembelajaran, membimbing instruksi, memfasilitasi diferensiasi, memastikan akuntabilitas, dan melaporkan hasil secara transparan. Hal ini menegaskan peran utama penilaian dalam meningkatkan lingkungan belajar, menginformasikan keputusan pengajaran, dan memenuhi harapan atas akuntabilitas pendidikan. Guru EFL mengevaluasi kecakapan bahasa siswa melalui berbagai penilaian seperti tes yang di buat oleh guru, tugas siswa, dan ujian standar kompentensi, yang memungkinkan pemahaman komprehensif terhadap kemampuan siswa sekaligus mengakomodasi kebutuhan individu. Praktik penilaian menunjukkan komitmen terhadap keadilan, konsistensi, dan komprehensivitas dalam proses penilaian dengan menggunakan rubrik, instruksi yang jelas, pembobotan keterampilan, dan evaluasi yang seimbang terhadap domain kognitif, afektif, dan psikomotorik, meskipun kalibrasi sistematis masih perlu ditingkatkan. Pada akhirnya, temuan ini menyoroti penggunaan strategis tujuan dan metode penilaian oleh pendidik untuk terus meningkatkan proses pengajaran dan pembelajaran, serta mendukung pengembangan kecakapan bahasa siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Kelas bahasa asing |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | kifli Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8791 |
Actions (login required)
View Item |