Sutriani, Sutriani (2024) Model Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru EFL di SMKN 3 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203879102008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)
[thumbnail of 2120203879102008.pdf] Text
2120203879102008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang mengacu pada proses berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif . Permasalahannya adalah guru masih belum bisa mengembangkan penilaian yang relevan dengan prinsip aspek HOTS. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang penilaian model guru EFL dalam menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa, untuk mendeskripsikan penilaian model guru EFL dalam menilai berpikir tingkat tinggi siswa yang relevan dengan prinsip Evaluasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi guru, dan validitas hasilnya adalah Rubrik Bahasa Inggris. Subyek penelitiannya adalah 3 orang guru bahasa Inggris. Analisis data dilakukan dengan menentukan pertanyaan penelitian, menentukan isi yang akan dimasukkan dan menentukan unit analisis. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Model penilaian yang dikembangkan oleh guru EFL untuk menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa ditunjukkan dalam berbagai penilaian dengan pilihan ganda sedangkan model penilaian lainnya adalah pilihan ganda online dengan mengintegrasikan tes dalam teks online dan model lainnya adalah esai dan mengisi bagian yang kosong mengenai tes evaluasi Berpikir Tingkat Tinggi. 2) Relevansi penilaian dengan prinsip Higher Order Thinking menunjukkan penilaian pertama memperoleh nilai 62% yang dikategorikan tidak relevan. Penilaian kedua memperoleh skor 53% yang dikategorikan relevan, penilaian ketiga memperoleh skor 100% yang dikategorikan relevan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teachers’ Assessment Model, Assessing, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: kifli Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:51
Last Modified: 07 Oct 2024 03:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item View Item