YUNADI, YUNADI (2024) Pengaruh Kegiatan Muḥadarah terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Santri Kelas VIII MTs Ppda Pesantren Modern Tarbiyah Takalar. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
19.1200.022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan muḥadarah santri kelas VIII MTs pada Pesantren Modern Tarbiyah Takalar; (2) Bagaimana keterampilan berbicara santri kelas viii MTs pada Pesantren Modern Tarbiyah Takalar; (3) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara kegiatan muḥadarah dan keterampilan berbicara bahasa Arab santri kelas viii MTs pada Pesantren Modern Tarbiyah Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kegiatan muḥadarah dengan keterampilan berbicara bahasa Arab santri kelas viii MTs pada Pesantren Modern Tarbiyah Takalar. Kegiatan muḥadarah merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam mata pelajaran formal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian sebanyak 40 santri dari 60 santri yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas data. Sementara untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan muḥadarah, termasuk kategori cukup yaitu 76.9%, (2) keterampilan berbicara bahasa Arab santri berada pada kategori cukup yaitu 73.1%, (3) terdapat pengaruh kegiatan muḥadarah terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab santri kelas viii MTs pada Pesantren Modern Tarbiyah Takalar. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 31.394 + 0.638X, koefisien korelasi sebesar 0.564 dan koefisien determinan sebesar 31.8%. dengan demikian, kegiatan muḥadarah memberikan pengaruh sebesar 31.8% terhadap peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab santri kelas viii MTs pda Pesantren Modern Tarbiyah Takalar, sementara 68.2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan muḥadarah, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:35 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:35 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8786 |
Actions (login required)
View Item |