HERMAN, HERMAN (2024) Analisis Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1200.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Analisis manajemen pembelajaran bahasa Arab melibatkan evaluasi dan pemahaman terhadap berbagai aspek pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengajar bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran bahasa Arab, untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab dan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi, adapun informan dalam penelitian ini yaitu Guru Bahasa arab dan siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang. Teknis analisis data yang digunakan yaitu data reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan perangkat pembelajaran berupa RPP dan silabus serta merumuskan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode, kegiatan, serta sumber belajar yang dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas dengan tujuan untuk mencapai pembelajaran Bahasa arab yang efektif dan efesien. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang dilakukan secara terstruktur mulai dari kegiatan awal, inti dan akhir dengan penggunaan strategi belajar tugas kelompok dan metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan interaksi siswa serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terutama melalui tugas kelompok untuk memperkaya pengalaman belajar mereka. (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Darul Falah Kabupaten Enrekang dilakukan melalui berbagai metode yaitu metode evaluasi tertulis berupa pilihan ganda dan evaluasi lisan berupa percakapan bahasa arab yang menekankan pada aspek pengetahuan, keterampilan berbahasa Arab dan pemahaman kosakata sehingga evaluasi yang dilakukan secara efektif dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:22
Last Modified: 07 Oct 2024 03:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8784

Actions (login required)

View Item View Item