JUMARNI, JUMARNI (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII Mts DDI Lil-Banat Parepare. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.
Text (Full Text)
18.1200.019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Peserta didik menganggap bahasa Arab sebagai momok dan pengajaran bahasa Arab yang menoton dan kurang bervariasi yang membuat peserta didik kurang tertarik dan kurang minat dalam mempelajari bahasa Arab khususnya perbendaharaan kosakata yang merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik, sehingga penerapan make a match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan mufradat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Lil-Banat Parepare dengan mengacu pada kriteria strategi pembelajaran, yaitu Penguasaan Mufradat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi-experimental Design Nonequivalent Control Grup Design. Adapun instrument yang dgunakan yaitu pre test treatment dan post test serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama 5 kali pertemuan termasuk pemberian pre-test dan post-test, diperoleh bahawa kemampuan mufradat peserta didik kelas VII.C MTs DDI Lil-Banat Parepare mengalami peningkatan, dimana hasil pre-test menunjukkan bahwa dari 14 jumlah peserta didik hanya ada 3 peserta didik yang mendapatkan nilai tinggi, sedangkan 11 orang lainnya mendapatkan nilai yang rendah. Adapun hasil post-test peserta didik menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan mufradat yang signifikan yaitu 6 peserta didik yang mendapatkan nilai sangat baik atau 42,9% , baik sebanyak 3 orang atau 21,4%, dan cukup 1 orang. Melalui analisis SPSS 26, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penguasaan mufradat peserta didik sebelum penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match masih kurang.(2) kemampuan penguasaan mufradat peserta didik sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match berada pada kategori tinggi. (3) melalui uji hipotesis dengan paired sampel t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis dapat diterima dan hal ini berarti bahwa penerapan make a match terdapat peningkatan dalam penguasaan mufradat peserta didik kelas VII.C MTs DDI Lil-Banat Parepare.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Penguasaan Mufradat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ismail Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:13 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8780 |
Actions (login required)
View Item |