SWAHIDAH, WENRIANI (2023) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas XI MA PP Nurul Azhar Talawe Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1200.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas problematika pembelajaran Bahasa Arab dalam keterampilan berbicara peserta didik Kelas XI MA PP Nurul Azhar Talawe Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik, problematika yang dihadapi dan upaya mengatasi problematika yang dihadapi dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Arab peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif, lebih mengutamakan observasi, wawancara, dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) Pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas XI MA PP Nurul Azhar Talawe, menggunakan beberapa langkah-langkah dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan tingkatannya yang harus diperhatikan oleh seorang pendidik, di antaranya bagi pembelajar mubtadi’, mutawasith, dan mutaqaddim. (b) Problematika pembelajaran bahasa Arab terbagi menjadi dua yaitu dari segi linguistik yaitu tata bunyi, kosa kata, tata kalimat, dan tulisan. Nonlinguistik, yaitu: faktor sosio-kultural, buku ajar, dan lingkungan sosial. (c) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pendidik dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada peserta didik di kelas XI MA PP Nurul Azhar Talawe, adalah 1) Materi ajar yang masih kurang, dan pendidik mengatasinya dengan membuat diktat atau modul yang sesuai dengan kemampuan peserta didiknya. 2) Metode dan media yang kurang bervariatif. 3) Evaluasi yang sering terlupakan. 4) Kemampuan dan psikologi peserta didik yang bervariatif. 5) Lingkungan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Keterampilan Berbicara.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:02
Last Modified: 07 Oct 2024 03:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item