OKTAVIA, ANISA (2022) Penerapan Metode Index Card Match dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Darul Hikmah Bolong Desa Pandung Batu Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1200.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode dalam proses pembelajaran sangat penting, seorang pendidik harus melakukan penyesuaian metode dalam proses belajar mengajar seiring dengan perkembangan perubahan sikap dan minat peserta didik terhadap materi yang diajarkan untuk menghindari rasa bosan dan ngantuk peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab sebelum diterapkan metode index card match peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Bolong Desa Pandung Batu Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. (2) Bagaimana penguasaan mufradat bahasa Arab setelah diterapkan metode index card match peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Bolong Desa Pandung Batu Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan metode index card macth dalam penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Darul Hikmah Bolong Desa Pandung Batu Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelititan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pre Eksperimen Design (nondesign) dalam bentuk Pre-test dan Post-test design. Adapun sampel penelitian sebanyak 21 peserta didik, peneliti menentukan sendiri sampel yang diambil tidak secara acar atau sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kelas VII sebelum penerapan metode Index Car Match diperoleh jumlah peserta didik dalam kategori tegori sangat baik sebanyak 3 peserta didik, kategori baik sebanyak 5 peserta didik dan kategori kurang sebanyak 13 peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan 58% artinya penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kurang (2) penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kelas VII setelah penerapan metode Index Car Match diperoleh jumlah peserta didik dengan penguasaan mufradat sangat baik sebanyak 11 peserta didik, kategori baik sebanyak 1 peserta didik, kategori cukup sebanyak 7 peserta didik dan kategori kurang sebanyak 2 peserta didik. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan 84% artinya penguasaan mufradat peserta didik cukup (3) peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik kelas VII setelah penerapan metode Index Car Match ditandai dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05 yang memiliki makna H0 ditolak dan H1 diterima. Peningkatan penguasaan mufradat bahasa Arab peserta didik setelah penerapan metode Index Card Match sebesar 78%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match, Penguasaan Mufradat.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:51
Last Modified: 07 Oct 2024 02:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8772

Actions (login required)

View Item View Item