Dewi, Dewi (2024) Analisis Buku Paket Bahasa Arab Model Roger Fowler Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Nurul Azhar Talawe Kab. Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1200.057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Buku paket bahasa Arab MTs terbitan kemenag merupakan salah satu sumber belajar yang di dalamnya memuat pengetahuan yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru sebagai acuan dalam pembelajaran bahasa Arab yang terdiri dari beberapa bab di mana dalam satu bab diawali dengan mencamtumkan KI, KD, dan Peta konsep. Buku paket berperan penting dalam memberikan kemudahan kepada guru untuk menyampaikan materinya dan penunjang peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap buku paket yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan teori Roger Fowler. Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif pada metode analisis wacana. Dari data yang diperoleh melalui dokumentasi yang didasarkan pada analisis wacana dan wawancara pada guru bahasa Arab serta siswa kelas VIII MTs. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis model Roger Fowler yang melihat pada dua elemen yaitu pada kosa kata dan tata bahasanya. Hasil dari penelitian ini adalah analisis yang digunakan untuk menganalisis wacana pada bab 2 dan bab 3 adalah analisis dengan model Roger Fowler yang melihat pada dua aspek yaitu aspek kosa kata dan tata bahasa. Untuk aspek kosa kata meliputi: membuat klasifikasi (29 kosa kata dari wacana bab 2 dan 7 kosa kata dari wacana bab 3), membatasi pandangan 12 kosa kata dari bab 2 dan 5 kosa kata dari wacana bab 3, pertarungan wacana (6 kosa kata dari wacana bab 2 dan 3 kosa kata dari wacana bab 3 ) dan marjinalisasi (1 kosa kata dari wacana bab 2 dan satu kosa kata dari wacana bab 3). Sedangkan dari aspek tata bahasanya meliputi: transitif (4 kalimat dari wacana bab 2 dan 3 kalimat dari wacana bab 3), intransitif (9 kalimat dari wacana bab 2 dan 5 kalimat dari wacana bab 3 ) dan relasional. Kedua wacana tersebut mengandung kohesi dan koherensi sehingga dalam setiap paragraf atau kalimatnya tersebut tersusun secara padu sehingga memudahkan pembaca atau siswa memahami maknanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Paket, Bahasa Arab, Roger Fowler, Pondok Pesantren. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | eka Mahasiswa ppl |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:55 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8769 |
Actions (login required)
View Item |