Muammar, Muammar (2024) Pengaruh Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas 9 SMP di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1200.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas 9 SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Penelitian ini membahas masalah: (1) Bagaimana lingkungan pembelajaran Bahasa Arab kelas 9 di SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar?, (2) Bagaimana motivasi belajar Bahasa Arab kelas 9 SMP di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar?, dan (3) Apakah terdapat pengaruh lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar Bahasa Arab kelas 9 SMP di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar?. Adapun tujuan yang hendak dicapai pada penelitian yakni: (1) Menganalisis lingkungan pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar; (2) Menganalisis motivasi belajar bahasa arab siswa SMP di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar; dan (3) Mengetahui pengaruh lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa SMP di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar Penelitian ini meneraokan metode Kuantitatif dengan jenis pendekatan lapangan (field research). Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggambarkan mengenai pengaruh lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar bahasa arab siswa kelas 9 di Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. Jumlah siswa sebanyak 127 dan teknik sampling yang diterapkan total sampling yang mengambil populasi menjadi suatu sampel sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 127 siswa. Data yang diperoleh melalui instrumen angket yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan belajar siswa kelas 9 SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar tergolong tinggi karena berdasarkan persentase secara keseluruhan memperoleh hasil 78,651%; (2) Motivasi belajar siswa kelas 9 SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar tergolong sangat tinggi karena berdasarkan persentase secara keseluruhan memperoleh hasil 88,12%; (3) Lingkungan pembelajaran memiliki pengaruh yang tinggi terhadap motivasi belajar kelas 9 SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pembelajaran, motivasi belajar, dan Bahasa Arab.
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:54
Last Modified: 07 Oct 2024 02:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item