Fajar, Aulia (2024) Penggunaan Metode As-Sam‟iyah As-Syafawiyah Dalam Pembelajaran Istima‟ Peserta Didik Kelas VIII Al-Mulk SMP Islam Terpadu (IT) Bina Insan Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.
Text
19.1200.044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran istima‟ dengan menggunakan metode As-Sam‟iyah As-Syafawiyah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu (IT) Bina Insan Parepare. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pembelajaran istima‟ peserta didik kelas VIII Al-Mulk SMP Islam Terpadu (IT) Bina Insan Parepare? 2) Bagaimana penggunaan metode As�Sam‟iyah As-Syafawiyah dalam pembelajaran Istima‟ peserta didik kelas VIII Al�Mulk SMP Islam Terpadu (IT) Bina Insan Parepare? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode As-Sam‟iyah As-Syafawiyah dalam pembelajaran Istima‟ peserta didik kelas VIII Al-Mulk SMP Islam Terpadu (IT) Bina Insan Parepare? Adapun tujuan penelitian diantaranya: 1) Untuk mengetahui pembelajaran istima‟ peserta didik 2) Untuk mengetahui penggunaan metode As�Sam‟iyah As-Syafawiyah dalam pembelajaran istima‟ peserta didik. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode As-Sam‟iyah As�Syafawiyah dalam pembelajaran Istima‟ peserta didik. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi dilokasi penelitian. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa: 1) Pembelajaran istima‟ disekolah dilakukan sesuai dengan apa yang tersusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pembelajaran Istima‟ ini sangat membantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilan mendengar yang efektif. 2) Penggunaan Metode As-Sam‟iyah As-Syafawiyah melibatkan aktivitas mendengarkan bacaan langsung dari guru atau pembimbing yang telah menguasai metode ini. Peserta didik diajak untuk menirukan dan mengikuti bacaan dengan teliti, memperhatikan setiap gerakan lidah, bibir, dan keluarnya suara. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga membentuk keterampilan pendengaran yang peka terhadap nuansa dan kaidah tajwid. 3) Faktor pendukung Penggunaan Metode As�Sam‟iyah As-Syafawiyah adalah materi bahasa Arab dan guru yang kompeten sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi peserta didik, keterbatasan waktu dan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode As-Sam‟iyah As-Syafawiah, Pembelajaran Istima |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | faqih Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:09 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:09 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8763 |
Actions (login required)
View Item |