Latief, Irma (2023) Kompetensi Pedagogik Pembina Bahasa Arab di Asrama Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1200.016.pdf] Text
19.1200.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahasa tentang kompetensi pedagogik pembina bahasa Arab di Asrama Ma‟had al-Jami‟ah IAIN Parepare. Dalam penelitian ini membahas 2 rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana pengelolaan pembelajaran bahasa Arab di Asrama Ma‟had Al Jamiah IAIN Parepare. (2) Bagaimana kompetensi pedagogik pembina bahasa Arab di Asrama Ma‟had Al Jamiah IAIN Parepare. Sehubungan dengan rumusan masalah, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeksripsikan pengelolaan pembelajaran bahasa Arab di Asrama Ma‟had Al Jamiah IAIN Parepare. (2) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik pembina bahasa Arab di Asrama Ma‟had Al Jamiah IAIN Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis mewawancarai Pembina bahasa Arab, Direktur Ma‟had al-Jamiah, Koordinator bahasa Arab dan Mahasantri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pengelolaan pembelajaran bahasa Arab di asrama Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare meliputi: a) Perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare mulai dari menetapkan tujuan pembelajaran, memilih dan menentukan materi, menentukan sumber belajar atau media yang tepat, dan jadwal kegiatan pembelajaran bahasa Arab. b) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare terdiri dari: memberlakukan jadwal minggu bahasa Arab, memberikan materi dan kosa kata bahasa Arab, membentuk mahkamah bahasa, muhadatsah, program takhassus. c) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare yang dilakukan pembina dengan memberikan tes tertulis dan tes lisan. Kemudian kompetensi pedagogik pembina bahasa Arab di asrama Ma‟had al-Jamiah IAIN Parepare dalam mengelola pembelajaran yaitu, memahami karakteristik mahasantri, merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Arab dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Pembina, Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:58
Last Modified: 07 Oct 2024 01:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8761

Actions (login required)

View Item View Item