IRAODAH, IRAODAH (2022) Efektifitas Penggunaan Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Bahasa Arab Kelas VIII.1 Mts Darul Qur’an Attaqwa Ddi Jampue Kec. Lanrisang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1200.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan menghafal dapat dilihat dari motivasi penghafal, mengetahui dan memahami arti atau makna yang terkandung, fasilitas yang mendukung, otomatisasi hafalan, dan pengulangan hafalan. Dengan begitu, dalam proses pembelajaran membiasakan peserta didik untuk aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu diperlukan pemilihan dan penerapan metode yang tidak hanya terfokus pada materi tetapi juga melibatkan peserta didik agar lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal mufradat peserta didik sebelum dan sesudah penerapan metode resitasi serta untuk mengetahui efektivitas penerapan metode resitasi terhadap peningkatan penghafalan mufradat peserta didik kelas VIII.1 MTs Darul Qur’an Attaqwa DDI Jampue Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah yaitu penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian ini yaitu penelitian pre experimental design dengan one group pretest posttest design. Adapun yang menjadi sampel penelitian sebanyak 25 peserta didik, dimana jumlah populasi sebanyak 83 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel menggunakan random sampling dan yang random adalah kelas sehingga kelas yang terpilih jatu pada kelas VIII.1. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis statistik kuantitatif. Melalui analisis SPSS 26, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat penghafalan mufradat peserta didik sebelum penerapan metode resitasi berada pada kategori rendah; (2) tingkat penghafalan mufradat peserta didik setelah penerapan metode resitasi berada pada kategori tinggi; (3) melalui uji hipotesis dengan paired sampel t-test menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), maka hipotesis dapat diterima dan hal ini berarti bahwa penerapan metode resitasi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII.1 MTs Darul Qur’an Attaqwa DDI Jampue Kabupaten Pinrang. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan tambahan wawasan bagi peneliti, guru, serta pembaca terkait penerapan metode resitasi terhadap tingkat kemampuan menghafal mufradat peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penggunaan Metode Resitasi, Peningkatan Kemampuan Menghafal Mufradat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:03
Last Modified: 07 Oct 2024 02:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item View Item