Inriyani, Reski (2024) Pengaruh Media Presentasi Terhadap Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 19.1200.003.pdf] Text
19.1200.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu terampil dalam menggunakan berbagai media dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini membahas tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana penguasaan Mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII di Mts DDI Kanang Kab. Polewali Mandar sebelum penggunaan media presentasi.(2) Bagaimana penguasaan Mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar setelah penggunaan media presentasi.(3) Apakah terdapat perbedaan penguasaan Mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII sebelum dan sesudah penggunaan media presentasi di MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain One Grouf Experimental Design dalam bentuk pre-test dan post-test. Adapun instumen penelitian yang digunakan yaitu pre-test,treatment atau perlakuan, post-test, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama 4 kali pertemuan, diperoleh bahwa kemampuan penguasaan mufradat siswa kelas VIII.2 di MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar mengalami peningkatan, dimana hasil pre-test menunjukkan bahwa dari 17 jumlah siswa hanya ada 2 siswa yang mendapatkan nilai cukup dan 15 siswa yang mendapatkan nilai kurang. Adapun hasil post-test siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan mufradat yang signifikan yaitu 6 siswa nilai sangat baik, dan 11 siswa yang mendapatkan nilai baik. Melalui analisis IBM SPSS Statistics, hasil penelitaian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penguasaan mufradat siswa sebelum penggunaan media presentasi berada pada kategori rendah. (2) Kemampuan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa setelah penggunaan media presentasi berada pada kategori tinggi. (3) Melalui uji hipotesis dengan paired sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001< 0,05), maka hipotesis dapat diterima dan hal ini berarti bahwa penggunaan media presentasi efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs DDI Kanang Kab. Polewali Mandar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media presentasi, penguasaan Mufradat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:17
Last Modified: 07 Oct 2024 01:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item