KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2023) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pinrang kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN ParePare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1200.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pinrang, proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh pendidik adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan games. Diakhir pembelajaran pendidik selalu memberikan motivasi dan mengevaluasi hasil belajar baik harian, tugas, UTS maupun UAS. 2). Problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pinrang terdiri dari beberapa faktor, antara lain faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor metode, faktor media, faktor fasilitas dan faktor sosial (Lingkungan). Disamping itu ada faktor psikologi peserta didik. 3). Upaya-upaya untuk mengatasi problem tersebut dilakukan oleh beberapa pihak yaitu peserta didik dan pendidik. Upaya yang dilakukan oleh peserta didik yaitu: senantiasa bertanya kepada pendidik apa yang tidak di mengerti, selalu mempraktekkan kosakata yang telah dihafal, mengikuti kegiatan belajar seperti ekstrakurikuler. Upaya yang dilakukan oleh pendidik yaitu: membuat suasana kelas yang menyenangkan, mewajibkan pesrta didik untuk memiliki kamus bahasa Arab, terus memotivasi peserta didik, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab, pendidik selalu menggunakan media dalam pembelajaran bahasa Arab, pendidik membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga peserta didik terbiasa menggunakan bahasa Arab, pendidik mewajibkan peserta didik menghafal kosakata disetiap pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ismail Mahasiswa ppl
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:16
Last Modified: 07 Oct 2024 01:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8753

Actions (login required)

View Item View Item