Kato, Lukman (2024) Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Menggunakan Blended Learning Pada MTs. DDI Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108018 -.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji penerapan model pembelajaran blanded learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis bagi siswa MTs DDI Amparita. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs. DDI Amparita Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif kualitatif dengan melakukan redupsi data, penyajian data, penarikan kesimpulan setelah diverifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model blended learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs DDI Amparita, yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran blended learning, menyiapkan media pembelajaran khusus untuk pembelajaran online, pada saat penyampaian materi guru memberikan pertanyaan agar peserta didik aktif berintraksi dan memastikan peserta didik paham dengan apa yang disampaikan. (2) Penerapan model blended learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis bagi siswa MTs. DDI Amparita, jika ditinjau dari segi aspek kemampuan guru terhadap pembelajaran online di MTs. DDI Amparita berjalan dengan baik karena sudah memiliki kemampuan untuk mengelola pembelajaran secara online melalui beberapa media. Implikasinya dengan diterapkannya Blended learning, yaitu guru memiliki kesempatan untuk berkolaborasi sesama guru dan berbagi pengalaman tentang metode pengajaran, dan sumber pembelajaran, serta saling memberikan dukungan dalam menghadapi tantangan dan mencari solusi dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Blended Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eka Mahasiswa ppl
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:56
Last Modified: 08 Oct 2024 06:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item View Item