HAMKA, MUH. SYAHRUL (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Games Melalui Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Peserta Didik Kelas 3 SD Negeri 294 Lempa. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2120203886108032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di kelas 3 SD Negeri 294 Lempa masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang variatif seperti metode ceramah, sehingga peserta didik kurang semangat dan merasa bosan ketika mengikuti pelajaran. kurangnya perhatian peserta didik terhadap pembelajaran akan berimplikasi pada hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar PAI peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis game melalui power point, 2) Keefektifan penggunaan media games melalui power point dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen Design dengan bentuk Pretest-Posttes Control Group Design. Penelitian ini terdapat dua kelompok masing-masing dipilih secara acak Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumah 18 peserta didik, 9 orang pada kelas eksperimen dan 9 orang pada kelas kontrol. Hasil penelitian: 1) Hasil belajar PAI peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis game melalui power point terdapat peningkatan dari hasil test. Kelas eksperimen hasil pretest rata-rata 62,68 (kategori sedang) menjadi rata-rata 81,1 (kategori baik) setelah posttest. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest 48,22 (kategori kurang) menjadi rata-rata 50,66 (kategori kurang) setelah posttest. Hasil respon peserta didik terhadap pembelajaran, respon kelas eksperimen 90% peserta didik merespon positif dan 10% peserta didik merespon negatif, sedangkan pada kelas kontrol respon peserta didik sebesar 46,7% respon positif dan 53% merespon negatif. 2) Penggunaan media games melalui power point dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 294 Lempa efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil perhitungan N-Gain Score pada kelas eksperimen ialah 59,40 berkategori cukup efektif meningkatkan hasil belajar sedangkan pada kelas kontrol nilai N-Gain Score yang diperoleh ialah 38,16 yang berkategori tidak efektif meningkatkan hasil belajar. Sehingga penggunaan media pembelajaran berbasis game memalui power point pada kelas 3 di SD Negegri 294 Lempa meningkatkan hasil belajar PAI dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Pembelajaran Berbasis Games, Power Point, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:32
Last Modified: 04 Oct 2024 07:32
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8734

Actions (login required)

View Item View Item