Zulkifli, Zulkifli (2024) Implementasi Metode Fun Learning Melalui Aplikasi Secil Tajwid dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tajwid Peserta Didik di MTs Attaqwa DDI Jampue Kab. Pinrang. Masters thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
2120203886108022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Metode Fun Learning merupakan cara belajar yang mengasyikkan dan menyenangkan berpusat pada kondisi psikologi siswa dan suasana lingkungan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar sehingga terciptalah rasa cinta dan keinginan peserta didik untuk belajar. Metode Fun Learning sebagai metode belajar yang bervariatif perlu diberikan kepada peserta didik agar tidak terjadi kejenuhan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen (semu eksperimen) dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Serta pengumpulan data instrumen yang dilakukan dengan menggunakan tes (pilihan ganda), treatment, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan awal peserta didik dalam memahami kaidah pada ilmu tajwid masih kurang, kebanyakan peserta didik kurang memahami tentang materi ilmu tajwid yaitu hukum bacaan nun mati atau tanwin dan hukum bacaan mim mati. Setelah penggunaan metode fun learning melalui aplikasi secil tajwid terdapat peningkatan dari hasil test. Pada kelas eksperimen hasil pre-test rata-rata 34.52 menjadi rata-rata 84.29 setelah post-test. Sedangkan kelas kontrol nilai pre-test 35.00 menjadi rata-rata 72.11 setelah post-test. 2) Implementasi metode fun learning melalui aplikasi secil tajwid secara sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan N-Gain skor. pada uji N-Gain skor bertujuan untuk mengetahui nilai efetifitas peningkatan dalam penggunaan suatu treatmen. Nilai N-gain skor pada kelas eksperiment memperoleh nilai 76.19 yang berkategori efektif dalam meningkatkan hasil belajar tajwid. Sedangkan nilai N-Gain skor pada kelas kontrol memperoleh nilai 56.14 yang berkategori cukup dalam meningkatkan hasil belajar tajwid. Sehingga Implementasi Metode Fun Learning Melalui Aplikasi Secil Tajwid sangat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu tajwid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Fun Learning, Hasil Belajar, Aplikasi Secil Tajwid
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: irwandi Mahasiswa ppl
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:15
Last Modified: 04 Oct 2024 07:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item