Suriana, Suriana (2024) Penerapan Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru al-Qur’an Hadis Terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadis di MAS DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Masters thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2120203886108060.pdf] Text
2120203886108060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap hasil belajar peserta didik khususnya dalam mata pelajaran al-Qur’an hadis di MAS DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif, metode ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design, kelompok tidak dipilih secara random melainkan menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberi perlakuan saintifik Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dan kelompok kontrol yaitu kelompok dengan pembelajaran konvensional. Kelas yang dipilih sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas XI IIS A dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang, dan kelas yang dipilih untuk kelompok kontrol yaitu kelas XI IIS B dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru al-Qur’an hadis terhadap hasil belajar al-Qur’an hadis di MAS DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap terdapat peningkatan. Hasil penelitian dari sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa hasil belajar al-Qur’an hadis dari kelas eksperimen yang diberi penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) jauh lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak diberikan penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 81,05 dan nilai post test dengan rata-rata 85,1.sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol pretest 81,00 dan nilai posttest dengan rata-rata 83,15. Dengan demikian terbukti bahwa kelas dengan penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mengalami peningkatan hasil belajar daripada kelas yang tidak diberi penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: TPACK, kemampuan guru al-Qur’an hadis, hasil belajar
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150116 Educational Accounting
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:54
Last Modified: 04 Oct 2024 06:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item