Sinta, Andi Tenry A (2024) Strategi Guru Menanamkan Karakter Kemandirian siswa Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SDIT Darul Qur’an Madani Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
2020203886108012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter kemandirian siswa berdasarkan Profil Pelajar Pancasila dalam konteks Kurikulum Merdeka di SDIT Darul Qur’an Madani Parepare Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental, penelitian ini mengeksplorasi penerapan strategi-strategi tersebut dalam lingkungan pendidikan Islam di sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan staf pendukung, serta observasi kelas dan analisis dokumen terkait.Adapun teknik pengolahan menggunakan aplikasi N Vivo 12 Plus. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan adapun teknik pengujian keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi untuk mengembangkan kemandirian siswa melalui pemahaman diri dan situasi serta Regulasi Diri. Strategi ini membantu siswa dalam mengelola waktu, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah secara mandiri. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler dan program mentorship juga berperan penting dalam mendorong kemandirian siswa. Pembiasaan aktivitas sehari-hari yang dikontrol melalui buku laporan harian memperkuat regulasi diri siswa dan melibatkan kerjasama dari orang tua. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dengan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka dapat secara efektif mendukung pengembangan karakter kemandirian siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pendidikan yang holistik, yang tidak hanya berfokus pada aspek akademik tetapi juga pada pengembangan karakter siswa secara menyeluruh. Hasil penelitian ini relevan bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang kurikulum yang mendukung perkembangan kemandirian siswa di berbagai konteks pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru,Karakter Kemandirian, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Pendidikan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | junita Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:29 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:29 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8709 |
Actions (login required)
View Item |