Nisa, Khaerun (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Menggunakan Google slidee pada Materi Thaharah Peserta Didik Kelas VII di MTs DDI Takkalasi. Masters thesis, IAIN Parepare.
Text
2020203886108011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah. Media pembelajaran yang dikembangkan digunakan untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pemebelajaran dengan lebih menarik. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi model pengembangn ADDIE yang meliputi tahap (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) meliputi: (1) analisis, (2) desain produk, (3) pengembangan, (4) implementasi produk, (5) evaluasi. Media pembelajaran dikembangkan berbasis power point menggunakan google slidee. Media yang telah dikembangkan dan melewati uji validasi ahli dan materi kemudian diujikan secara terbatas sebanyak 5 orang dan skala besar kepada peserta didik kelas VII MTs DDI Takkalasi yang dipilih secara acak sebanyak 28 orang. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah. Uji kevalidan dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji kevalidan media dengan hasil diperoleh rata-rata 3,2 yang dikategorikan sangat layak pada aspek tampilan dan pada aspek penggunaan, maka diperoleh rata-rata 2.6 yang dikategorikan layak. Pada tahapan uji validasi materi diperoleh rata-rata skor 3,33 yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan pada aspek “isi”, diperoleh rata-rata skor 3,33 yang secara kualitatif termasuk dalam kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa aspek “materi” pada produk pengembangan media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah sudah sesuai dengan konten materi yang ada. Uji kepraktisan produk menunjukkan hasil rata-rata keterlaksanaan yang diberikan oleh kedua observer adalah 1.80:1.58 = 1,69 atau (1,5 ≤ M ≤ 2,0) serta media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah memenuhi kriteria praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji keefektifan produk berupa tes hasil belajar dengan hasil menunjukkan 0,52 yang termasuk dalam kategori sedang 0,7 ( N-gain) ≥ 0,3. Hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa produk media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah efektif digunakan di dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Kemudian pada hasil observasi aktivitas peserta didik adalah 3.64 yang termasuk dalam kategori 3,5 ≤ Ps < 4,0 yakni sangat aktif. Kemudian hasil observasi aktivitas guru menunjukkan rata-rata persentase aktivitas guru dari dua kali pertemuan sebesar 93.75%. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan produk media pembelajaran berbasis power point menggunakan google slidee pada materi thaharah berlangsung sangat baik. Serta hasil angket respon peserta didik menunjukkan hasil rata-rata 94.41%. Selanjutnya mengenai kriteria angket respon peserta didik maka terlihat bahwa rata-rata dari hasil analisis tersebut berada pada kategori 81%-100% dengan kriteria “sangat aktif”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Thaharah, Power Point, Google slidee |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | junita Mahasiswa mbkm |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:23 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8706 |
Actions (login required)
View Item |