Arief, Muhammad (2024) Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Hafalan Quran Pada Pembelajaran Quran Hadis Peserta Didik MAN 2 Parepare. Masters thesis, IAIN Pare pare.

[thumbnail of 2120203886108058.pdf] Text
2120203886108058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan hafalan quran hadis terhadap peserta didik pada MAN 2 Parepare, (2) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam peningkatan kemampuan hafalan quran hadis terhadap quran hadis terhadap peserta didik pada MAN 2 Parepare. Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kualitatif. Pendekatan yang dilakukan yaitu fenomenologi. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis non-statistik, yaitu dengan mengumpulkan, mereduksi, menyajikan dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yaitu dengan kepercayaan, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi data. Hasil penelitian ini yaitu (1) Tingkat kemampuan peserta didik dalam menghafal quran dalam pembelajaran quran hadis menunjukkan hasil yang beragam. Kemampuan peserta didik dalam menguasai hafalan quran dapat dinilai dengan menggunakan indikator kemampuan hafalan quran yang terdiri dari kelancaran dalam menghafal alquran, kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid, dan fashah. (2) Kompetensi pedagogik guru di MAN 2 Parepare berpengaruh terhadap kemampuan hafalan quran karena kemampuan guru quran hadis dalam menggunakan pendekatan, metode, strategi, media yang sesuai, dan penerapan materi yang sesuai. Guru quran hadis juga mampu mengelola pembelajaran yang meliputi: a) landasan kependidikan dengan dibuktikan dengan adanya tingkat pendidikan dan lisensi sebagai guru professional melalui PPG atau fortopolio/sertifikat tenaga pendidik professional, b) pemahaman terhadap tingkat kecerdasan dan kreativitas peserta didik c) pengembangan kurikulum/silabus dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), d) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, e) pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran inteaktif, dan f) evaluasi hasil belajar dengan cara setoran hafalan. Implikasi pada penelitian ini, yang pertama agar madrasah secara mandiri memberikan pelatihan kompetensi pedagogik kepada para pendidik. Yang kedua agar para pendidik menguasai seluruh kompetensi khususunya kompetensi pedagogik dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Hafalan, Materi Quran Hadis, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: faqih Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:25
Last Modified: 04 Oct 2024 06:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8703

Actions (login required)

View Item View Item