Rahmah, St (2024) Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VI di MIS As’adiyah No. 29 Wele Kabupaten Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 2020203886108009.pdf] Text
2020203886108009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram kelas VI. Bahan ajar yang dikembangkan digunakan untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran materi makanan halal dan haram dan memudahkan peserta didik dalam mengakses materi. Model pengembangan ADDIE yang digunakan untuk penelitian ini terdiri dari lima tahapan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi): (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan ( 5) evaluasi. e�modul yang interaktif dan dibuat dengan aplikasi Canva. Setelah lolos uji validasi ahli dan materi, e-modul interaktif ini diuji cobakan pada siswa kelas VI MIS As'adiyah No. 29 Wele Kabupaten Wajo yang memiliki skala kecil berjumlah tujuh orang dan skala besar berjumlah tiga belas orang. Penelitian ini menghasilkan e-modul interaktif yang dibuat dengan aplikasi Canva Mata Pelajaran Fiqih. Uji validitas dilakukan sebanyak dua kali dan uji validitas media dengan hasil sebesar 89%. Tahap uji validitas materi dengan hasil sebesar 97,5% yang dinilai sangat baik. Uji kepraktisan produk menunjukkan bahwa e-modul interaktif yang dibuat dengan aplikasi Canva memenuhi syarat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran karena menunjukkan hasil rata-rata keterlaksanaan yang diberikan oleh kedua pengamat adalah 1: 0,8 = 0,8 atau (0,5 M 1,5). Uji keefektifan produk berupa tes hasil belajar, dan hasilnya 0,8 yang termasuk pada kategori tinggi yaitu 0,7<-Gain<1. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul yang dibuat dengan aplikasi Canva efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih. Hasil observasi aktivitas siswa yaitu 90% termasuk kategori 76-100% yakni sangat aktif. Hasil observasi pendidik juga menunjukkan bahwa rata-rata 92,86% pendidik berpartisipasi dalam dua pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul interaktif aplikasi Canva menunjukkan sangat baik. Selain itu, 99,38% menunjukkan hasil angket respon peserta didik dari hasil analisis menunjukkan kriteria angket respon peserta didik adalah “sangat aktif” dengan rata-rata skor 81%-100%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul interaktif, Canva, fiqih
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: junita Mahasiswa mbkm
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:15
Last Modified: 04 Oct 2024 06:15
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8702

Actions (login required)

View Item View Item